Blogger Sitemap Generator dalam Optimasi Mesin Pencari

Blogger Sitemap Generator dalam Optimasi Mesin Pencari adalah fungsi pembuatan (generate) File XML Sitemap dalam penyusunan sebuah direktori dari semua halaman yang ada di situs atau blog. Mesin pencari seperti Google dan Bing dapat menggunakan file-file sitemap tersebut untuk menemukan halaman di situs anda dengan sistem pencarian dasar (search bots) yang mungkin telah dinyatakan tidak ditemukan/terjawab selama proses penjajakan (crawling) biasa. Maka dari itu dalam pembuatan artikel dalam situs blogger memerlukan Blogger Sitemap Generator.
 
Masalah dengan File Blogger Sitemap adalah sebuah file sitemap yang lengkap harus menyebutkan semua halaman dari sebuah situs tapi itu tidak terjadi jika blog Anda yang menggunakan host di Blogger (blogger based).

Default file XML sitemap dari setiap blog Blogger akan memiliki hanya 26 posting blog terbaru. Pembatasan tersebut dikarenakan beberapa halaman yang lebih tua dalam blog anda, yang hilang dalam default file XML sitemap, mungkin tidak pernah diindeks di mesin pencari. Ada solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

 
Langkah ini berlaku untuk blog Blogger biasa (yang menggunakan alamat blogspot.com) dan juga blogger yang menggunakan kustom domain sendiri (self-hosted/self domain)

Cara inilah yang perlu anda lakukan untuk mengekspos struktur situs lengkap blog ke mesin pencari dengan bantuan sitemap XML.

Buka Sitemap Generator dan ketik alamat lengkap dari blog berbasis blogspot (contoh: http://contoh.blogspot.com/)
 
Akan muncul hasil generate sitemap tersebut http://contoh.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Salin teks yang dihasilkan tersebut di dashboard blogger anda dibawah menu Pengaturan - Preferensi Pencarian>, robots.txt memungkinkan opsi Custom (tersedia di Crawling dan bagian Indexing). Simpan (save) text hasil generate sitemap tersebut.

Cara lain, copy text tersebut pada Webmaster Tools Google anda untuk melakukan indexing di mesin pencari pada menu ADD/TEST SITEMAP. Cukup anda copy pasti text
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 saja kedalam kolom pembuatan sitemap di Webmaster Tools Google tersebut.

Selesai, Search engine secara otomatis akan menemukan file XML sitemap melalui file robots.txt dan Webmaster Tools Google dan anda tidak perlu untuk melakukan ping secara manual tetapi dengan Blogger Sitemap Generator.

Comments