Fitur Terbaru Android 4.3 Jelly Bean

Fitur Terbaru Android 4.3 Jelly Bean telah resmi diumumkan dan diluncurkan oleh raksasa Google sebagai sistem operasi terbaru pada plafond Android (newest Android OS) dengan mengusung sejumlah penambahan fitur yang alan lebih memanjakan pengguna OS Android di seluruh dunia. Mulai dari kemampuan sistem keamanan yang lebih baik, tatapmuka penggunan (user interface) lebih menarik, hingga fitur yang memanjakan para pemain permainan (gamers) yang lebih menyenangkan menjadi daya pikat Fitur Terbaru Android 4.3 Jelly Bean.

Berikut fitur terbaru Android 4.3 Jelly Bean antara lain, :

MULTIPLE USER.
Sebenarnya kemampuan banyak pengguna (multiple user) ini telah ditawarkan oleh Android versi 4.2.2 hanya saja fitur dan kemampuan ini harus didukung aplikasi tambahan seperti SwitchMe. Pada Android 4.3 kemampuan ini mendapat improvisasi sehingga pengguna (user) dapat membatasi profil user tertentu dalam mengakses aplikasi.

Hal  uniknya, pada fitur multiple user kali ini setiap profil user akan memiliki lokasi penyimpanan sendiri yang akan menampung konfigurasi home screen widget, hingga setting pribadi sang user/pengguna. 

Dengan hadirnya kemampuan multiple user dengan fitur terbatas (restricted) profil ini, pengguna akan sering berbagi dalam penggunaan smartphone miliknya, sehingga akses-akses setiap profil pengguna dapat dibatas sesuai kebutuhan.


OpenGL ES 3.0
OpenGL ES erat kaitannya dengan tampilan grafis yang lebih baik dan mumpuni untuk kepentingan pengembangan games-games terbaru yang akan muncul di masa yang akan datang.

Dengan kehadiran OpenGL ES 3.0 sistem operasi  Android 4.3 diklaim akan memberikan keleluasan bagi pengembang (developer) game untuk membuat dan menghadirkan games dengan tampilan grafis yang lebih canggih. Hal ini tentunya harus didukung oleh chips grafis pada smartphone juga harus disesuaikan untuk mendukung kinerja OpenGL ES.3.0 ini agar user dapat merasakan sensasi kelebihan grafis yang ditawarkan.

BLUETOOTH SMART READY
Teknologi optimal pada kemampuan bluetooth pada Android 4.3 ini disebut Bluetooth Smart Ready yang fungsinya bisa disetarakan dengan sebuah sensor. Hal ini dimungkinkan berkat teknlogi API (Application Programming Interface) yang telah mendukung Bluetooth Generic Attribute Profile (GATT) services. Dengan memanfaatkan teknologi API tersebut para developer kini dapat dimungkinkan menghadirkan aplikasi-aplikasi yang unik dan bermanfaat tentunya.

DATA NOTIFICATION ACCESS
Notifkasi identik dengan pengguna Android sebagai batasan pengguna (user access) terhadap perangkat smartphone yang digunakan. Hal ini pula mendapat improvisasi pengembangan pada Android 4.3 yang mempunyai keuntungan dari kemampuan developer dalam mengetahui perilaku pengguna (user experience) sehingga para developer dapat mengetahui batasan aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna. Fitur ini disebut sebagai pembuka era baru aplikasi pintar yakni dengan cara mengetahui kebiasaan pengguna.

DIGITAL RIGHT MANAGEMENT (DRM)
Fitur Modular DRM API's framework terbaru yang disematkan Google pada Android 4.3 memungkinkan  para pengembang (developer) aplikasi lebih mudah melakukan integrasi DRM ke dalam masing-masing protokol streaming miliknya, misal MPEG Dynamic Adaptive Streaming over HTTP (DASH).




Comments