Sticky Post dalam Blogger

Sticky Post dalam pembuatan artikel di situs berbasis blogspot/blogger cukup mudah dilakukan dan mempunyai cara yang unik tetapi masih terhitung tidak praktis. Hal ini mungkin yang menyebabkan para blogger saling berimprovisasi dalam cara penulisan artikel yang ingin ditampilkan secara 'tempel tetap' atau biasa dikenal sebagai Sticky Post.

Cara pertama yang dapat anda gunakan adalah dengan menulis terlebih dahulu artikel yang anda inginkan kemudian ditampilkan di halaman situs atau biasa kita kenal dengan di publish. Setelah itu kita Edit kembali artikel tersebut dan merubah aturan tanggal posting, gunakan POST OPTION --> POST DATE AND TIME -- SCHEDULED AT : [mm/dd/yy]. Rubah tanggal pada schedule posting ke beberapa hari kedepan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :





Cara lainnya, dengan memanfaatkan setting menanbah widget (add widget) pada menu blogger, simpan text postingan anda kedalam widget. Pilih "Add A page Element" dan memilih fungsi yang ingin Anda gunakan sebagai Sticky Post.Misalnya, jika Anda ingin mengumumkan sebuah kontes yang sedang berlangsung, Anda dapat memilih Text  atau memungkinkan Anda untuk menambahkan dan mengedit HTML. Dengan memilih "HTML / JavaScript" dan anda letakkan posisi widget tersebut di atas element posting.


Dan untuk yang lebih kompleks lagi pembuatan artikel yang Sticky Post dapat menggunakan script seperti yang ditulis di situs ini, memang di blogger sedikit berbeda penulisan sticky post di situs berbasis wordpress yang sudah terintergrasi dan 'tinggal pakai' dengan memberikan tanda cek/centang pada opsi sticky post.

Comments